26 Mei 2009

MEMPERCEPAT KINERJA WINDOW

Ada beberapa cara supaya kinerja Komputer menjadi lebih cepat dari semula :

  • Kosongkan isi dari folder prefetchyang ada di folder window di drive system komputer anda,dengan cara :masuk ke drive system (biasannya drive C),masuk ke folder window,didalamnya cari folder yang bernama prefetch,masuklah kedalam folder itu,maka anda akan menjumpai puluhan file bahkan lebih.Hapus semua isi folder prefetch dengan catatan folder prefetch nya jangan dihapus tetapi cukup isinya saja.Setelah itu keluar dan Restart komputer.setelah komputer hidup,maka langkah selanjutnya melakukan Disk Clean Up pada drive C
  • Lakukan disk Clean Up dengan cara : double click my computer,setelah itu klik kanan drive C ,pilih Properties,klik Disk Clean Up dan hapus semua file temporary.
  • Hapus semua file-file sampah dengan cara klik Recycle Bin,kosongkan isinya dengan cara:ctrl+A(memblok semua file sampah yang ada di recylce bin ),kemudian tekan shiff+delete.
  • Klik start,Run ketik regedit didalam kotak lalu enter,setelah halaman registry muncul ketik:HKEY-CURRENT-USER\Control panel\Desktop\MenushowDelay,ubahlah nilai depault yang terlihat disisi jendela sebelah kanan dari 400 menjadi 0,dengan maksud untuk mempercepat tampilan munculnya daftar menu saat kita memilih start menu.
  • HKEY-LOCAL-MACHINE\SYSTEM\Current Controlset\Control\session Manager\Memory Management\Disable Paging Executive.Ubahlah nilai 1 menjadi 0,dengan maksud menempatkan kernel window di Ram dan meniadakan virtual memori dengan syarat memori Ram 512mb/lebih
  • HKEY-LOCAL-MACHINE\SYSTEM\Currentcontrolset\control\session manager\Memory Managemen\Prefetchparameters\enableprefechher.Ubahlah nilai yang ada menjadi 0 bila ingin meniadakan isi dari folder prefech yang ada didalam folder window di drive system komputer anda.Ada 3 pilihan nilai yang boleh anda pilih :
  1. Nilai 1 :bila ingin menciptakan file-file prefech dari berbagai aflikasi yang terinstall di komputer (semacam cache untuk mempercepat memulai suatu aplikasi saat komputer baru dihidupkan)
  2. Nilai 2 :untuk mempercepat booting
  3. Nilai 3 :untuk mempercepat akses semua file yang ada didalam komputer
  • Lakukan Deprag komputer anda dengan cara: buka ekplorer,lalu klik kanan salah satu partisi,properties,tools dan tekan tombol defragment now
  • ketik msconfig dikotak dialog run lalu enter,pada tab general pilih option selective startup,kemudian buka tab startup dan non aktifkan program-program yang tidak perlu dengan maksud supaya window hanya akan meload program2 yang dibutuhkan saja dan kerja komputer menjadi ringan.
  • Convert File system FAT 32 menjadi NTFS caranya :
  1. Cek dahulu apakah komputer anda sudah menggunakan NTFS atau FAT 32 : dengan cara klik my computer>klik kanan hardisk anda & pilih properties.pada window yang tampil akan terlihat file system apakah FAT32 atau NTFS.Jika masih FAT32,berikut adalah cara untuk merubahnya:
  2. Tutup semua program yang sedang dijalankan
  3. Klik start>Run>ketikan cmd dalam kotak dialog>enter,hal ini akan memunculkan window command.
  4. ketikan : convert c : /fs : ntfs (dlm mengetikan perintah hrs ada spasi antara tanda titik dua dan garis miring)>enter.Setelah melakukan enter anda munkin akan melihat pesan bahwa konfersi akan dilakukan pada saat anda masuk window lagi,jadi restart komputer anda dan window akan melakukan konversi drive anda dan akan melakukan reboot dua kali sebelum prosesnya selesai.
  5. Catatan: setelah melakukan konversi anda tidak bisa mengembalikan ke file system sebelumnya
  6. Pastikan selama proses conversi arus listrik tidak padam,dikhawatirkan proses akan gagal dan mengakibatkan komputer harus dipormat ulang
  7. Hasil conversi tidak akan menghapus isi file yang ada di direktori

Tidak ada komentar: